TIPS CARA AMAN BERBELANJA ONLINE LEWAT INTERNET

Pada era informasi berbelanja online bisa menjadi andalan, tidak perlu susah-susah ke Mall untuk berbelanja. Hanya dengan melihat jenis barang di Toko Online kemudian diorder, bayar dan barang diterima.  Itulah cara berbelanja secara online di Internet, semua menjadi gampang apalagi untuk anda yang mempunyai Kartu Kredit, Akun Paypal, Internet Banking atau pun SMS Banking, tidak perlu ke Bank atau ATM untuk transfer uangnya.

belanja-online

Namun banyak orang sudah tertipu karena ingin berbelanja online di internet, ternyata toko online itu hanya fiktif, uang sudah ditransfer tapi barang tak kunjung datang. Kemarin baru berbelanja Online Tablet Samsung Tab 3 V Murah di Lazada aman dan terjamin. Bagaimana cara berbelanjan secara online?? Supaya tidak tertipu, Berikut ini tips aman cara berbelanja online di internet.

1. Cek Alamat Domain atau URL dari toko online

Cari toko online dengan domain berbayar, bukan yang gratisan seperti blogspot, wordpress, webs dan lainnya. Domain yang berbayar misalnya www.lazada.co.id , tidak ada blogspot, webs atau wordpress dibelakangnya. Namun perlu hati-hati juga tidak semua toko online dengan domain berbayar merupakan toko online terpercaya.

2. Lihat harga Barang.

Harga Barang untuk toko online penipu biasanya jauh dibawah harga pasaran. Bandingkan dengan toko online yang lain, kalau lebih murah tetapi tidak berbeda jauh, perlu masuk dalam pertimbangan.

3. Hubungi lewat Telp, Email, BBM, Facebook dll.

Toko online biasa menyedia kontak untuk berkomunikasi, Anda bisa mengetahui keberadaan toko online tersebut. Lihat testimoni dari para pembeli sebelumnya. Coba cek apakah testimoni itu benar atau hanya rekayasa.

4. Tanyakan kepada Teman yang pernah Berbelanja secara Online.

Bisa menggali informasi dari teman yang sering belanja online. Pasti banyak toko online terpercaya yang menjadi referensi untuk berbelanja online dari teman anda.

5. Verifikasi Toko Online pada situs polisionline.com

Salah satu situs yang dapat dipercaya untuk verifikasi toko online adalah situs polisionline.com. Situs ini berisi informasi tentang toko-toko online penipu dan toko online terpercaya.

6. Periksa Ongkos Kirim barang

Biasa harga yang tertera belum termasuk ongkos kirim (ongkir). Untuk anda yang tinggal jauh dari lokasi daerah produk tersebut harus dicek dulu ongkos kirimnya, jangan sampai ongkos kirim lebih mahal daripada harga barang yang anda pesan.

7. Bayar barang setelah mendapat Konfirmasi.

Untuk pembayaran, anda harus mendapat konfirmasi dulu dari penyedia barang, biasanya dikirim  lewat email. Konfimasi biasanya tertera harga barang, ongkos kirim, alamat bank pembayaran dan batas waktu pembayaran.

8. Pilih Pengiriman yang mudah di cek secara Online.

Pilih jenis pengiriman yang mudah dicek secara online seperti kapan waktu pengiriman dan waktu tiba di lokasi tujuan. Pengiriman yang mudah dicek prosesnya adalah JNE dan juga beberapa ekspedisi lainnya.

belanja-online-internet

Beberapa toko online sebagai  referensi untuk berbelanja karena irwanto.web.id sering belanja  pada toko-toko online ini adalah:

Pertama :

TOKO ONLINE BHINNEKA.COM

Toko online ini mempunyai harga barang yang bersaing.  Aman dalam bertransaksi. Sudah beberapa kali irwanto.web.id berbelanja di Toko Online ini:

LENOVO Notebook B40-45 2848 – Black
 

Kedua :

TOKO ONLINE JAKARTANOTEBOOK. http://www.jakartanotebook.com/

Menjual berbagai barang elektronik kamera, laptop, flashdisk dll. Proses konfirmasi pembayaran mudah karena bila transfer sesuai angka unik langsung terkonfirmasi secara otomatis.

 

Ketiga :

TOKO ONLINE LAZADA http://www.lazada.co.id/

Situs Toko Online Terpercaya, menjual berbagai jenis barang dari elektronik sampai kebutuhan rumah tangga. Mempunyai diskon-diskon khusus untuk barang tertentu.


 

Selamat berbelanja online, perhatikan cara-cara di atas untuk aman berbelanja online di internet supaya anda tidak mengalami kerugian.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 Replies to “TIPS CARA AMAN BERBELANJA ONLINE LEWAT INTERNET”

  1. bajutidurku

    Terimakasih tipsnya untuk berbelanja online agar aman. Memang sebaiknya tips ini banyak diketahui orang banyak agar terhindar dan bisa lebih waspada terhadap kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here: