CARA MEMBELI DOMAIN DENGAN MUDAH

Banyak pemula yang ingin membuat website dengan nama atau domain sendiri kurang mengetahui cara untuk membeli domain tersebut. Tulisan ini diperuntukan temanku di FB yang namanya Hanif Pramono, untuk mengerti Cara Membeli Domain Dengan Mudah. Dia menanyakan bagaimana cara untuk mendapatkan domain atau cara membelinya.

Domain adalah alamat atau nama website yang akan diakses, seperti irwantoshut.com. Sebenarnya domain bisa didapatkan secara gratis tapi untuk domain-domain dengan TDL (Top Domain Level) seperti *.com, *.net, *.org ataupun domain indonesia seperti *.id, kita perlu mengeluarkan isi kantong untuk mendapatkannya. Biasanya harga domain berkisar Rp. 150.000 – Rp. 200.000 dan tergantung dari naik turunnya dollar.  Ada juga penyedia jasa hosting yang memberikan domain gratis kalo menyewa hosting paket tertentu.

Sebelum memilih domain-domain tersebut sebaiknya sekilas kita mengetahui arti dari domain-domain yang sudah ngetop itu :

  • Domain *.com = artinya commercial atau komersil
  • Domain *.net  = artinya network atau Jaringan
  • Domain *.org  = artinya organization atau Organisasi
  • sedangkan *.id = artinya Indonesia. seperti irwanto.web.id.

Jadi pilihlah sesuai keinginan dan tujuan website anda, tetapi pada umumnya orang lebih ingat dan suka jika pakai TDL *.com.

Tempat membeli domain sangat banyak baik memakai jasa perusahaan mancanegara maupun dalam negeri lokal sendiri. Ataupun anda bisa mendaftarkan sendiri kalo sudah punya kartu kredit, sistem pembayaran online seperti Paypal dan mengetahui cara pendaftarannya.

Untuk tidak pusing-pusing pilih saja dalam negeri, komunikasinya  dengan bahasa Indonesia dan bisa transfer pembayarannya lewat transfer ATM atau Rekening Bank. Selama ini ada beberapa perusahaan yang saya gunakan untuk membeli domain dan sewa hosting yaitu Ardetamedia, Idhostinger, Niagahoster dan Idwebhost. Setelah pesan nanti dibuatkan invoice, tertera jumlah yang harus dibayarkan dan kemana harus ditransfer. Selanjutnya tinggal bayar saja lewat transferan bank.

Coba simak baik-baik tahapan untuk order atau membeli domain

  1. Pilih domain
  2. Masukan keranjang
  3. Selesaikan orderan ( Orderan bisa ditambah dengan Sewa hosting)
  4. Mendapat invoice atau tagihan lewat email
  5. Bayar/Transfer lewat Bank atau ATM
  6. Konfirmasi Pembayaran (Kadang tidak perlu lagi kalau sistemnya sudah terintegrasi dengan Bank)
  7. Masuk Email Anda untuk melihat user dan password
  8. Masuk Akun Anda di Perusahaan Jasa Penjual
  9. Kelola Domain

Dibawah ini adalah penuntun jika mau membeli domain lewat Ardetamedia :

Perhatikan gambar di atas : Ketik nama domain yang diinginkan kemudian search, kalau sudah ada yang pakai domain tersebut maka akan tertulis domainnya “is unavailable” dengan warna merah, misalnya *.com sudah terpakai masih ada domain dengan ekstension *.net dan *.org atau yang lainnya. Jika belum dapat yang sesuai cari yang lain sampai dapat.

Jika domain yang diinginkan belum ada yang pakai, maka akan tertulis tersedia atau available dengan tulisan warna hijau kemudian order. Prinsip order domain adalah siapa cepat dia dapat, sehingga jangan heran kalo domain-domain yang gampang diingat dan komersil menjadi buruan para web developer.

Setelah order maka anda akan ditawarkan apakah mau paket hosting juga. Hosting adalah tempat kita menyimpan file-file yang akan diakses menggunakan internet. Jika ingin satu paket maka orderan menjadi domain dan hosting. Kalo tidak mau dengan sewa hosting karena sudah ada atau mau pakai hosting gratisan silahkan saja. Untuk melanjutkan klik Continue.

Gambar  di atas adalah ketika memilih Order paket murah untuk domain ini, munculah Rp.29.000/mo atau sewa Rp. 29.000 per bulan.

Jadi sewa hosting dengan domain yang sudah dipilih tadi misalnya namawebsiteku.com klik use.

Jika pilih sewa hosting satu tahun maka jumlah Rp. 348.000,00, bisa dirubah misalnya sewa untuk 6 bulan saja. Bayar perpanjangan nanti tiap 6 bulan sekali.

 

Gambar di atas jika yang akan dibeli domain saja dengan harga Rp. 139.900. Selesaikan orderan dengan klik Checkout.

Mau order domain tidak usah bingun-bingun lagi, Beli domain di Ardetamedia saja. Mengapa????? Baca artikel ini: Domain Hosting Murah dan berkualitas.

 

hosting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here: